Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Flores Timur Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Flores Timur

Jumat, 11 September 2015

PENGERTIAN RANAH KOGNITIF, AFEKTIF DAN PSIKOMOTORIK

Apa Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik ?
Dunia pendidikan selalu identik dengan istilah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik. Guru dituntut untuk memahami, mengimplementasikan ranah kognitif, afektif dan psikomotorik siswa  dalam Kegiatan Beajar Mengajar (KBM) di kelas, tentunya pelaksanaan pengembangan ranah ranah ini harus sejalan dengan tujuan pendidikan UUD 1945 dan Pancasila.
Dalam perkembangannya seorang guru di tuntu untuk menuangkan semua ranah ini dalam mendesain Perencanaan KBM di kelas hingga pelaksanaan evaluasi akhir pelajaran. Maka penting bagi seorang guru untuk memahami dan mengaplikasikan ranah ini bukan sekedar menghafal atau sekedar memahami namun tidak mampu melaksanakannya.
Di pembahasan kali ini akan dtuangkan secara singkat apa itu Kognitif, Afektif dan Psikomotorik :
  1. Ranah kognitif adalah ranah yang mencakup kegiatan mental (otak). Segala upaya yang menyangkut aktivitas otak adalah termasuk dalam ranah kognitif. Ranah kognitif memiliki enam jenjang atau aspek, yaitu: Pengetahuan/hafalan/ingatan (knowledge), Pemahaman (comprehension), Penerapan (application), Analisis (analysis), Sintesis (syntesis), dan Penilaian/penghargaan/evaluasi (evaluation)
  2. Ranah afektif adalah ranah yang berkaitan dengan sikap dan nilai. Ranah afektif mencakup watak perilaku seperti perasaan, minat, sikap, emosi, dan nilai. Beberapa pakar mengatakan bahwa sikap seseorang dapat diramalkan perubahannya bila seseorang telah memiliki kekuasaan kognitif tingkat tinggi. Ciri-ciri hasil belajar afektif akan tampak pada peserta didik dalam berbagai tingkah laku. Ranah afektif menjadi lebih rinci lagi ke dalam lima jenjang, yaitu:
  3. Receiving atau attending ( menerima atua memperhatikan)
    - Responding (menanggapi) mengandung arti “adanya partisipasi aktif”
    - Valuing (menilai atau menghargai)
    - Organization (mengatur atau mengorganisasikan)
    - Characterization by evalue or calue complex (karakterisasi dengan suatu nilai atau
    komplek nilai)
  4. Ranah psikomotor merupakan ranah yang berkaitan dengan keterampilan (skill) tau kemampuan bertindak setelah seseorang menerima pengalaman belajar tertentu. Hasil belajar psikomotor ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari hasil belajar kognitif (memahami sesuatu) dan dan hasil belajar afektif (yang baru tampak dalam bentuk kecenderungan-kecenderungan berperilaku). Ranah psikomotor adalah berhubungan dengan aktivitas fisik, misalnya lari, melompat, melukis, menari, memukul, dan sebagainya.
    Hasil belajar keterampilan (psikomotor) dapat diukur melalui: (1) pengamatan langsung dan penilaian tingkah laku peserta didik selama proses pembelajaran praktik berlangsung, (2) sesudah mengikuti pembelajaran, yaitu dengan jalan memberikan tes kepada peserta didik untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap, (3) beberapa waktu sesudah pembelajaran selesai dan kelak dalam lingkungan kerjanya.a
Demikian secara singkat tentang ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik, semoga bermanfaat


3 komentar :

  1. mts Negeri Witihama Moga selalu Jaya dan menjadi Benteng runtuhnya moral.. Amiin

    BalasHapus
  2. Sangat bangga dengan semua personil MTSN Witihama yang senantiasa bekerja keras demi kemajuan pemdidikan Islam di Witihama yang selama ini menjadi pionir pendidikkan Islam khusunya adonara tentu menjadi kebanggan sendiri bagi putra putri asal witihama. semoga kedepan akan lebih maju dari yang sekarang. by. tokan_thamrin@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih atas atensinya pak tokan.. MTsN Witihama tidak akan seperti ini tanpa support dan atensi seperti pak tokan dan lainnya.. Kerja keras dan usaha warga MTsN Witihama sebernarnya masih jauh dr maksimal.. Namun kami yakin kedepan akan lebih tentunya dengan atensi dan support seperti pak tokan dan lainnya.. Terima kasih

      Hapus

Cari Blog Ini

News Populer

Wikipedia

Hasil penelusuran

=">