Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Flores Timur Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Flores Timur

Rabu, 14 September 2016

MTsN Witihama Melaksanakan Pendidikan Qurban

MTsN Witihama Melaksanakan Pendidikan Qurban

MTsN Witihama , Kamis (15/09/2016) Momentum hari Idul Adha 1437 Hijriah tidak berlalu begitu saja bagi MTsN Witihama. H+2 Idul Adha yang merupakan salah satu perayaan hari besar umat islam di isi dengan pendidikan berkurban oleh MTsN Witihama kepada guru, staff terkhusus untuk siswa-siswi MTsN Witihama yang dilangsungkan Rabu (14/09/2016).
Nilai nilai pendidikan baik secara kognitif, afektif dan psikomotorik yang di tanamkan guru dan staff MTsN Witihama kepada peserta didiknya tak luput dari desain dan pelaksanaan tersebut. Guru mempersilahkan peserta untuk menyaksikan secara langsung, terlibat langsung bahkan mendengarkan langsung hikmah Idul Adha dari Putra Witihama yang notabene adalah salah seorang Da`i kondang yang berkiprah dalam dunia dakwah islam di Bontang Kalimantan Timur.

Hasan Sanga Pure (HSP) selaku kepala MTsN Witihama menitipkan pesan moralnya bahwa kegiatan tersebut merupakan aksi MTsN Witihama dalam menanam dan menyamai benih-benih religi dalam hati agar mampu mengamalkan ajaran agamanya secara benar.

“Acara silaturahmi  Idul Adha dan penyembelihan hewan Qurban dimaksudkan sebagai pembiasaan tahunan untuk menyemai benih benih agama dalam ladang hati para peserta didik agar kelak dikemudian hari telah terbiasa mengamalkan ajaran agamanya secara benar”. Pesan moral HSP dalam sesi hikmah Idul Adha.

Selain mendidik keimanan dan ketaqwaan siswa kepada Allah Subhanahu Wata’ala yang berwujud kepasrahan total atas perintah Allah serta siap menerima ujian yang diberikan dengan penuh kesabaran dan keikhlasan dalam berqurban serta mendidik siswa untuk menumbuhkan empati kepada kalangan yang secara materi tak mampu seperti kalangan fakir, miskin, anak yatim dan dhuafa. MTsN Witihama memberikan didikan kepada siswanya agar mempereerat tali silahturahmi.
Hangatnya silahturahim dikalangan unsur komite, unsur pimpinan guru dan staff dan peserta didik yang turut hadir dalam kegiatan tersebut nampak terlihat ketika senyum dan canda tawa mereka ketika seluruh elemen bahu membahu sejak awal  sampai dengan akhir kegiatan tersebut.
Pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan puncak pendidikan qurban yang ditanamkan MTsN Witihama kepada seluruh jajaran, karena dalam kurun setahun dewan guru dan sebagian siswa siswi MTsN Witihama telah menyisihkan pendapatan dan uang belanja mereka setiap bulan demi melaksanakan momen yang agung tersebut.

“Kita telah menyishkannya rezeki kita setipa bulannya, ini adalah awalnya dan Inshaa Allah kedepan harus lebih baik dari ini. Dan kegiatan pendidikan qurban ini akan ditawarkan kepada komite madrasah dan orang tua wali sebagai mitra madrasah serta para alumnus agar seluruh jajaran MTsN Witihama mendukung kegiatan ini dengan ikut berpartisipasi dalam menyisihkan rezeki setiap bulannya sehingga output serta outcame dari perayaan kegiatan ini mendapatkan klimaks yang begitu besar”. Tutur HSP disela sela kegiatan tersebut. (MSN)
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Cari Blog Ini

News Populer

Wikipedia

Hasil penelusuran

=">